Kesenian Tari Piring


Tari Piring merupakan tarian yang berasal dari adat khas suku minangkabau yang sudah begitu terkenal di seantero dunia. keunikan tersendiri yang membedakan tarian ini dengan jenis tarian lain di nusantara telah berhasil mengundang decak kagum.

Asal Usul dan Sejarah Tari Piring
tari piring dipercaya telah ada sejak sekitar abad ke 12 masehi, terlahir dari kebudayaan asli masyarakat minangkabau di sumatera barat. tarian ini dulunya merupakan tarian persembahan bagi para dewa yang telah mengkaruniakan hasil panen yang berlimpah selama setahun. perlu diketahui bahwa sebelum masuknya islam, masyarakat minangkabau mayoritas masih memeluk agama hindu, budha, dan sebagian animisme
masuknya islam ke tanah sumatera pada abad ke 14 secara tidak langsung ikut mempengaruhi perkembangan tari piring semenjak ajaran islam mulai dianut oleh mayoritas masyarakat, peruntukan tari piring pun berubah. tari piring bukan lagi ditunjukan sebagai tari persembahan bagi para dewa, melainkan hanya sebagai tontonan bagi masyarakat. tarian ini dipertunjukan setiap kali ada acara hajtan sebagai hiburan semata. 

dari perjalanan waktu, tari piring kontemporer mengalami banyak perubahan dari mulai musik yang mengiringinya, gerakan, koreografi, hingga komposisi pemain. adalah huriman adam, seorang seniman tanah minang yang telah berkontribusi besar pada kepopuleran tari ini di masa kini.



Post a Comment

1 Comments