Kegagahan Tarian Jauk


Tarian Jauk ini menceritakan tentang kegagahan dari seorang pahlawan di hutan, yang dengan keperkasaanya mampu merundukan setiap musuh yang mengganggu kehidupan yang penuh kedamaian di dalam hutan Belantara. Dibalik kebringasannya dan kekejamannya terselip juga lemah lembutnya terutama kepada mahkluk yang lemah dan taat akan kelestarian hutan



DiBali terdapat dua jenis Tari Jauk yaitu jauk keras dan jauk manis
1. jauk keras 

seperti namanya, gerakannya pun lebih bringas, dimana gerakannya lebih energik dan gongnya pun bertempo cepat. Biasanya mempunyai standar gerakan sendiri. Topeng yang dipakai adalah topeng yang berwarna merah, dimana menggambarkan keberingasan sang raksasa, ini adalah dasar dari semua tarian jauk. gerakan perpaduan antara tangan, kaki, badan dan leher jadi semua gerakan berbeda. topeng yang dipakai berwarna merah, ada kumis dan mata melotot tajam.

2. jauk manis

seperti namanya, mempunyai gerakan yang lebih berwibawa, aslinya jauk manis ini pakaiannya sama dengan jauk keras tapi bedanya ada ditopeng, dimana topengnya berwarna putih dan kelihatanya lebih berwibawa, jadi topengnya lebih lembut dari jauk keras.


sumber : Ngigel Bali  




Post a Comment

0 Comments