Kesenian Tari Kecak Dari Bali


Tari Kecak adalah salah satu jenis kenesian tradisional dari bali yang diciptakan pada kisaran tahun 1930 oleh seorang penari sekaligus seniman dari bali yakni wayan limbak. sebagai seorang seniman tentu saja wayan limbak sangat akrab dengan para seniman lain, sebut saja walter spies yang merupakan seorang pelukis dari negara jerman merupakan salah satu teman akrab wayan limbak. kedua sahabat inilah yang menjadi pencetus tari kecak yang sangat terkenal hingga saat ini. tarian yang kerap dimainkan oleh laki laki ini menjadi salah satu icon kebudayaan bali yang cukup mendapatkan sanjungan oleh wisatawan yang berkunjung ke bali.

meskipun gerakan yang dilakukan oleh para penari tergolong sangat sederhana, namun pembawaan para penari yang berjumlah cukup banyak mulai dari puluhan hingga ribuan orang membuat gerakan yang dimainkan tergologn sangat unik dan menarik.

pementasan dan pertunjukan tari tradisional dari bali ini dapat dengan mudah kita saksikan di beberapa wilayah bali seperti uluwatu, garuda wisnu kencana, ubud, dan gianyar bali.

ekspresi para penari nan memukau membuat para penonton tercengang akan penampilan mereka. di lain sisi musik pengiring hampir tidak ada, hanya suara dan lantunan kata - kata yang berbunyi "cak-cak-cak-cak" terdengar dalam mengiringi gerakan tarian.

jika kita dapat menyaksikan tari kecak dari awal hingga akhir, maka kita akan memahami mengenai alur cerita yang disajikan dari gerakan gerakan pementasan oleh para penari.

fungsi tari kecak
tari kecak merupakan tarian yang berasal dari kreasi upacara shangyang. karena upacara shangyang merupakan jenis kegiatan sakral dan hanya boleh dilakukan di pura maka wayan limbak berinovasi dari inspirasi gerakan shangyang menjadi gerakan tari yang terkenal hingga ke mancanegara
adapun fungsi tari kecak dapat kita kelompokan secara garis besar sebagai berikut:
1. sebagai sarana hiburan
2. melestarikan kebudayaan

properti yang digunakan pada tari kecak
1.selendang yang dikenakan oleh para penari kecak memiliki corak kotak kotak dengan warna hitam putih menyerupai papan catur.
2.gelang kincringan dikenakan pada pergelangan tangan dan sebagian juga pada pergelangan kaki.
3. topeng terdapat 3 topeng yang digunakan oleh penari utama yang berperan sebagai tokoh hanoman, sugriwa dan rahwana pada cerita yang disajikan.

demikian artikel tentang salah satu kesenian tradisional bali yang sangat terkenal hingga kini. ini saya berikan video tari kecak semoga yang belum tahu jadi tahu, yang tahu nambah lebih tahu lagi. 




Post a Comment

0 Comments