Seni Tari


Seni Tari adalah gerakan tubuh berirama yang dilakukan di sebuah tempat dan waktu tertentu untuk mengungkapkan perasaan, pikiran dan maksud tertentu.

Unsur Unsur dalam seni tari

- Unsur Utama Seni Tari
1. wiraga (raga) sebuah seni tari harus menonjolkan gerakan badan, baik dalam posisi berdiri ataupun duduk.
2. wirama (irama) seni tari harus memiliki gerakan ritmis yang sesuai dengan irama pengiringnya, baik dari tempo maupun iramanya.
3. wirasa (rasa) seni tari harus mampu menyampaikan pesan perasaan melalui gerakan sebuah tarian dan ekspresi penari.

- Unsur Pendukung Seni Tari
1. ragam gerak. agar sebuah tarian menjadi indah diperlukan kombinasi gerakan pada beberapa anggota tubuh. sehingga tidak hanya tangan dan kaki saja, tetapi lenggokan, lirikan mata, ekspresi dan gerakan kepala juga bisa ditambahkan.
2. ragam iringan. sebuah tarian diiringi musik ritmis maka tarian akan dinikmati secara gerak, suara dan perasaan. tetapi akan lebih hidup jika diikuti dengan suara iringan yang berasa dari tubuh penarinya.
3. rias dan kostum. sebuah tarian, unsur rasa harus dipenuhi supaya pesan tariannya sampai. supaya sampai dan lebih mengena, maka akan lebih bagus bila dilengkapi dengan riasan dan kostum yang sesuai dengan tema tariannya.

4. pola lantai/blocking tarian akan terlihat indah apabila gerakannya disesuaikan dengan pola lantai. jadi gerakan penari tidak terfokus ditengah panggung atau pada satu titik saja. penari harus menyesuaikan dengan tempat dan juga posisi penontonnnya, selain itu bila tarian berkelompok, transisi antara penari juga harus diatur dalam hal blockingnya supaya gerakannya kompak, teratur dan tidak kacau.



Post a Comment

0 Comments